Mengenai Saya

Foto saya
Pekanbaru, Riau, Indonesia
-Contact Person- Phone : 082133780708 - Whatsapp : 082133780708 - Email : wnarbi@gmail.com -

Sabtu, 19 Februari 2011

Titik2 aman bikin motor kenceng

1. Dekatkan piston anda ke head dg jarak 0.6 - 1mm

2. honda n suzuki bikin kompresi jd 11-13, yamaha 11-14 tergantung bbm

3. Pake kalkulator klep untuk mencari ukuran klep n tinggi angkatan klep / cam

4. Bikin port in 80-83% dia klep (jangan lebih), ex 90-98%

5. Bikin cam dg timing 1mm in 25\45 ex 40\25 tinggi overlap 2.2-2.5 dan yg penting pd titik 80drj setlah TMA, klep in sudah mencapai bukaan ideal, ex di titik 65 ses TMB

6. Karbu 90% klep in, knalpot 110% klep ex

Rumus tinggi max lift


Rumus tinggi ideal angkatan cam



((r x r)/d)x1.25

r = jari2 klep in
d = diameter klep in

Lift diatas adl lift aktif alias tinggi angkatan klep sebenarnya

Jd max lift cam buat klep 23 jelas beda sama yg buat klep 31




contoh:


berikut speknya

timing in 0,1mm 42AB52
timing in 1 mm 26AB53 (durasi 259)
Lift max nya 9.2mm
overlap at TMA 2.5mm

tidak ada yg istimewa dari spek diatas
tapi yg paling susah dibuatnya adalah ini

Top Lift 68 - 120 drjt

yg artinya :
Top Lift 9,2 mm dicapai saat posisi piston 68 derajat setelah TMA s/d posisi 120 derajat setelah TMA (bertahan 50 drjt)

dengan spek seperti diatas (walaupun tanpa LSA) hanya ada satu model cam yg bisa dibuat, berikut gambarnya

Spoiler for neozen cam:


garis merah adalah batas lobe cam std original titan
sedangkan bidang berwarna hitam adalah area yg ditambah ketebalan besinya (tambah daging)


Jika ingin membuat cam model begini dengan cara memapas dari cam ori hrs extra hati2, karena paling tidak harus memapas pantat cam sebanyak 3mm (pinggangnya berkurang 6mm), di cam suzuki hal tersebut masih mungkin (23-6= 17mm) tapi kalau di yamaha sepertinya terlalu riskan karena pinggang cam nya jadi cuma 15mm (21-6= 15mm)


Grafik cam

grafik cam mio std ori, timing n lift

Spoiler for cam mio:



Gambar diatas adl grafik 3 cam mio std, angka di kolom paling kiri adl lift klep
Baris paling atas adl derajat krukas, A=TMA, B=TMB
cam mio type V lebih enak drpd cam type D walau timing n lift sama

Kalau dilihat n dibandingkan secara langsung maka tdk ada perbedaan sama sekali tp setelah di dial barulah terlihat bedanya
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar